Penyusunan Nilai-nilai Islam, Ke Al-Azhar an, dan 7 Elemen Dasar pada Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) Pegawai UAI

PKSNIK News

Pada tanggal 1 Februari 2021, melalui Surat Keputusan Rektor No. 012/SK/R/UAI/II/2021, Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia memberikan amanah kepada Tim Penyusun Nilai-nilai Islam, Ke Al Azhar an, dan 7 Elemen Dasar pada Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) Pegawai UAI untuk melakukan kajian terhadap Nilai-Nilai Islam, Ke Al-Azhar an, dan 7 Elemen Dasar yang dapat dimasukan menjadi poin penilaian pada DP3 Pegawai UAI.

Tim Penyusun yang beranggotakan Prof. Dr. Nurhayati Djamas, M.A., M.Si., sebagai Ketua, dan Bapak Ismet Alaik Rahmatullah, S.E., M.H., Bapak Muhammad Ridhwan, S.Ag., M.Ag. dan Ibu Siti Rahmawati, S.Psi., M.Psi. sebagai anggota Tim Penyusun, serta sdri. Yasmin Zafira, SE sebagai sekretaris telah melaksanakan pertemuan tim perdana pada tanggal 2 Februari 2021 lalu, pada pertemuan perdana ini tim penyusun membahas time schedule serta pembagian jobdesc tim, dan disepakati kajian terhadap nilai keislaman dan 7 elemen dasar akan disusun oleh Prof. Dr. Nurhayati Djamas, M.A., M.Si. dengan Bapak Muhammad Ridhwan, S.Ag., M.Ag, kajian terhadap Nilai Ke Al-Azharan disusun oleh Bapak Ismet Alaik Rahmatullah, S.E., M.H, dan Ibu Siti Rahmawati, S.Psi., M.Psi, bertugas untuk menyusun komponen indikator DP3 yang memerlukan kajian psikologis dikarenakan hal ini merupakan pengukuran terhadap sikap dan perilaku. Tim penyusun melanjutkan dengan pertemuan setiap pekannya yang dijadwalkan setiap selasa siang secara daring melalui aplikasi zoom meeting untuk membahas progress report dan evaluasi dari penyusunan Nilai-nilai Islam, Ke Al Azhar an, dan 7 Elemen Dasar pada Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) Pegawai UAI yang telah dilaksanakan sebanyak 4 kali.

Pada tanggal 23 Maret 2021 Tim Penyusun telah menyelesaikan draft hasil Reformulasi DP3 UAI yang telah disusun oleh Tim Penyusun Nilai-nilai Islam, Ke Al Azhar an, dan 7 Elemen Dasar pada DP3 Pegawai UAI, yang dipresentasikan pada pertemuan Tim yang ke 5, dihadiri oleh Rektor, Para Wakil Rektor dan Direktur SDM UAI, di pertemuan tim yang ke 5 ini Rektor UAI Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., membuka acara dengan membaca basmallah dan memberikan pengarahan, dalam arahannya beliau menyampaikan 3 hal yakni; (1) agar DP3 Pegawai UAI yang tengah disusun tidak menjadi faktor yang mendorong sifat riya’ bagi para pegawai, dalam arti jangan sampai “membelokkan” niat ketulusan seseorang dalam beribadah karena ada poin penilaian dalam beribadah, (2) dalam DP3 Pegawai UAI agar dapat dibunyikan nilai-nilai kekhasan ke Al Azharan dan ke UAI an, (3). bagaimana kita dapat mengahdirkan “hati” dalam bekerja yaitu bekerja dengan ikhlas dan tulus. Beliau juga menyampaikan agar form DP3 Pegawai UAI harus bisa diukur dan bisa dipertanggungjawabkan secara objektif.

Selanjutnya Ketua Tim Prof. Dr. Nurhayati Djamas, M.A., M.Si., melaporkan dan mempresentasikan draft hasil reformulasi  DP3 Pegawai UAI yang telah disusun oleh Tim Penyusun, Beliau memulai presentasi dengan memaparkan bagan rekonstruksi nilai keislaman UAI yaitu Unggul, Adil dan Integritas (ikhtiar yang berintegritas) yang dijabarkan kembali kedalam Nilai Dasar (Core Values)  UAI ; Unggul → Takwa, Cerdas, Tanggung Jawab, Adil → Peduli, Saling Menghormati, Kolaborasi, Rendah Hati, dan Integritas → Jujur, Amanah, Kendali Diri, yang kemudian  diturunkan kedalam norma tata laku di UAI.

Kemudian Prof. Dr. Nurhayati Djamas, M.A., M.Si., mempresentasikan hasil jabaran nilai-nilai Dasar (Core Values) dan 7 Elemen Dasar UAI dalam reformulasi DP3, dan  terakhir beliau menyampaikan usulan Reformulasi DP3 UAI yang berpedoman pada Nilai Dasar Keislaman (Core Values) UAI dalam 7 (Tujuh) Elemen Dasar, unsur penilaian dalam DP3 Pegawai UAI yang diusulkan Tim Penyusun terdiri dari unsur ; 1. Keimanan dan Ketakwaan, 2. Kepemimpinan, 3. Jiwa Kewirausahaan, 4. Keterampilan Manajemen, 5. Kemampuan bekerjasama dan mengembangkan jejaring kemitraan, 6. Keampuan Bahasa Asing, 7. Keterampilan Penggunaan Teknologi Informasi.

Acara dilanjutkan dengan tanggapan dan masukkan dari Para Wakil Rektor dan Direktur SDM UAI, diawali dengan arahan dan masukkan oleh Wakil Rektor III / IV Dr. Ary Syahriar, DIC., yang memberikan masukkan untuk sistem penilaian DP3 Pegawai UAI bisa mengadopsi penilaian kinerja Pegawai Negeri (ASN) yang saat ini dipakai oleh pemerintah dengan menambahkan poin penilaian yang memiliki kekhasan ke Al Azharan dan ke UAI an yang mengandung 7 (tujuh) elemen dasar dan nilai-nilai dasar (core values) UAI, dan juga perlu ditentukan sistem penilaian apakah menggunakan metode kualitatif atau kuantitatif.

Dilanjutkan taggapan dan masukan dari WR II Ibu Ir. Ade Suryanti, M.M., pertama beliau menyampaikan apresiasinya kepada Tim yang telah menyusun draft reformulasi DP3 UAI yang berpedoman pada Nilai Dasar Keislaman (Core Values) UAI dalam 7 (Tujuh) Elemen Dasar, beliau juga meberikan masukkan agar butir-butir pada unsur penilaian harus bisa diterjemahkan dalam satu kegiatan yang dapat terukur dan dinilai kedalam angka (numerik), dan beliau juga menyampaikan masukan untuk sistem penilaian DP3 Pegawai UAI dalam penialaian yang bersifat soft kompetensi diharapkan tidak hanya dinilai dari atasan saja, tetapi juga dinilai oleh rekan sejawat (menggunakan metode penilaian kinerja  360 degree), beliau juga menyampaikan harapannya agar penilaian DP3 ini dapat membentuk budaya organisasi yang diharapkan oleh para pendahulu UAI yaitu Unggul, Adil dan Integritas.

Tanggapan dan masukan selanjutnya diberikan oleh Direktur SDM UAI Bapak Dinar Koesoemoadji, S.Si., M.Si., Beliau menyampaikan masukkan agar penilaian yang diformulasikan tidak lebih dari 10 (sepuluh) item penilaian, beliau juga menyampaikan bahwa penilaian Dosen yang digunakan saat ini sudah mengikuti/mengadopsi penilaian yang ditetapkan pemerintah.

Alhamdulillah, dari pertemuan kelima ini Tim Penyusun mendapat banyak sekali masukan dan arahan, langkah selanjutnya Tim Penyusun akan mengadakan rapat konsolidasi internal kembali untuk menyempurnakan reformulasi DP3 UAI yang berpedoman pada nilai dasar keislaman (core values) UAI dalam 7 (Tujuh) elemen dasar sesuai dengan arahan dan masukkan pada pertemuan ini.

Diharapkan Reformulasi DP3 UAI yang berpedoman pada Nilai Dasar Keislaman (Core Values) UAI dalam 7 (Tujuh) Elemen Dasar yang telah disusun Tim penyusunan nilai-nilai Islam, ke Al Azhar an, dan 7 elemen dasar pada daftar DP3 pegawai UAI dapat menjadi sumbangsih bagi Direktorat SDM UAI dalam penyusunan DP3 pegawai, tendik dan dosen UAI.